Sosialisasi PPAN dan KPN Provinsi Gorontalo

Sosialisasi PPAN dan KPN Provinsi Gorontalo. Kamis, (28/02).

Merahmaron.com – Sosialisasi yang dilaksanakan oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), menyusun program pertukaran pemuda antar-negara (PPAN) dan kapal pemuda nusantara (KPN), pada Kamis, (28/02). Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Fakultas Hukum semester empat dan juga alumni. Acara ini dilaksanakan di Gedung Fakultas Hukum Universitas Negeri Gorontalo. Para alumni PPAN dan KPN Provinsi Gorontalo turun langsung untuk menjadi pembicara dalam sosialisasi ini.

PPAN dan KPN merupakan program Kemenpora yang di gelar setiap tahun. PPAN adalah program di bawah naungan Kemenpora yang berkerja sama langsung dengan beberapa negara lain. Seperti, Australia, Jepang, Tiongkok, Malaysia, Korea, India dan Vietnam. Untuk mengikuti PPAN, Kemenpora memberikan kesempatan untuk mahasiswa dengan rentan umur 20-30 tahun.

Berbeda dengan PPAN, KPN merupakan program pelayaran pelajar berkeliling Indonesia untuk mengabdikan diri kepada masyarakat. Pelajar yang dapat mengikuti program ini diberikan persyaratan dengan rentan usia 18-30 tahun.

Menurut Prapti Rosella Koni, salah satu anggota Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara (KAKPN) dan juga tergabung dalam Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI), persyaratan untuk mengikuti program ini tidak didasari oleh beauti pageant (kontes kecantikan) namun lebih mementingkan perilaku dan juga kemampuan dalam berkomunikasi,

“penilaian penting dari  progam ini adalah perilaku dan bagaimana orang tersebut bisa berkomunikasi dalam bahasa Indonesia maupun asing. Jadi kalau bisa dibilang adalahdari otaknya,” ujar Prapti.

Dalam mengikuti program ini, mahasiswa sangat didukung oleh pihak Universitas Negeri Gorontalo. Program PPAN dan KPN ini dilansir sebagai salah satu pion penting untuk mendongkrak akreditas jurusan. Program ini juga telah menghasilkan lulusan-lulusan yang mampu berkompetisi dalam tingkat nasional maupun internasional.

Prapti juga menambahkan bahwa setiap tahunnya Provinsi Gorontalo membutuhkan delegasi untuk mewakili program PPAN ataupun KPN. Dengan digelarnya sosialisasi pada Fakultas Hukum ini, Prapti dan teman-temannya sesama alumi berharap dapat mengajak mahasiswa untuk mengikuti program PPAN dan KPN pada tahun 2019,

“tujuan dari sosialisasi ini adalah mengajak teman-teman untuk mengikuti seleksi dan kedepannya bisa menjadi delegasi mewakili Provinsi Gorontalo,” tambahnya. (Margaretha Husain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.