Pelatihan Karir bagi Mahasiswa Menghadapi Dunia Pekerjaan

Pelatihan Karir dilaksanakan oleh UPT PKM, bertempat di Gedung PKM. Pada Kamis, (28/02). Foto oleh. Hudalil Mustakim

Merahmaron.com– Unit Pelaksana Tugas (UPT) Pengembangan Karir Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Gorontalo (UNG), melaksanakan pelatihan karir untuk pembekalan mahasiswa agar dapat memiliki keterampilan menulis ketika melamar pekerjaan.

Pelatihan Karir ini dilaksanakan pada Kamis, (28/02) bertempat di Gedung Pusat Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Dalam pelatihan ini, dibagi menjadi beberapa tema pelatihan seperti Tes Sukses Tes TOEFL; Tips Tes CAT; Menulis CV dan Lamaran Pekerjaan; serta Tips Sukses Interview Kerja.

Farid Muhammad (38), selaku pemateri mengaku bahwa pelatihan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa,

“kegiatan pelatihan karir untuk mahasiswa semester akhir dan alumni UNG, simulasi ini bertujuan untuk membekali agar bisa memiliki kemampuan, keterampilan yang dibutuhkan ketika melamar suatu pekerjaan di perusahaan,” ucap Farid ketika diwawancarai diakhir kegiatan.

Menurut Farid, kegiatan ini penting untuk mahasiswa yang berkeinginan melanjutkan studi atau melamar pekerjaan. Menurutnya, dalam dunia kerja setidaknya harus tau apa yang  dibutuhkan saat melamar pekerjaan di perusahaan.

Pelatihan ini memberikan materi serta simulasi dalam membuat CV yang unik dan menarik, hal ini dikarenakan dalam melamar pekerjaan, membuat CV adalah salah satu faktor terpenting untuk bisa diterima saat melamar.

Menurut Irwan Yantu selaku Direktur UPT PKM, “terkadang kita hanya belajar mati-matian untuk menjawab interview kerja namun kita lupa mengenai berkas yang sebenarnya sangat menunjang sebagai pertimbangan perusahaan yang akan kita masuki,” ungkapnya ketika memberikan sepatah dua kata kepada peserta.

Mifantri Pakaya (22), seorang mahasiswa Jurusan Bahasa Inggri yang mengukuti kegiatan pelatihan ini mengungkapkan bahwa kegiatan ini dapat membantu mahasiswa dalam menghadapi dunia pekerjaan.

Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa diberikan pembekalan pengetahuan tentang apa saja yang harus kita siapkan untuk bersaing dalam dunia pekerjaan,

“saya telah mengikuti kegiatan tentang pelatihan karir, kalo dari sini saya sudah bisa tau apa yang musti saya siapkan didunia kerja nanti. Dari sini saya juga sudah merasa ada bekal untuk membantu saya nantinya,” kata Mifantri saat diwawancarai.

Mifantri juga menambahkan bahwa, sebelum mengikuti kegiatan pelatihan ini ia tidak mengetahui apa yang dibutuhkan dalam melamar pekerjaan di perusahaan, dari sini ia sadar pentingnya membuat CV untuk melamar pekerjaan.

“Sebelumnya saya tidak tahu pentingnya membuat CV untuk melamar pekerjaan, jadi sekarang  kalo mau melamar masuk sudah tau kalo membuat CV itu musti bikin kreatif, unik dan beda dari peserta lain,” tambahnya.

Pelatihan ini telah dilaksanakan 2016 dan dilakukan tiga kali setiap tahunnya. Pada tahun ini Pelatihan Karir dimulai pada tanggal 28 Februari dan seterusnya akan dilaksanakan sesuai ketentuan.

Pihak UPT telah memberikan surat ke setiap Fakultas untuk mengundang sedikitnya 50 orang per Fakultas. Rencananya kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari. (Hudalil Mustakim)

3 tanggapan untuk “Pelatihan Karir bagi Mahasiswa Menghadapi Dunia Pekerjaan

  • Maret 4, 2019 pada 10:30 am
    Permalink

    Wahh

  • Maret 4, 2019 pada 1:43 pm
    Permalink

    Makasih infonya 🙏

  • Maret 12, 2019 pada 6:03 pm
    Permalink

    Maa syaa Allah… Mantul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.